Jumat, 26 Maret 2021

Manfaat Membacakan Nyaring untuk Orang Tua

 



         

          Siapa bilang kalau Membacakan Nyaring itu hanya memberikan manfaat untuk anak saja? Ternyata Membacakan Nyaring juga memberikan manfaat bagi orang tua. Hal ini banyak yang tidak di sadari oleh para orang tua. Kira – kira apa ya manfaatnya? Yuk kita simak Manfaat Membacakan Nyaring untuk Orang Tua.

 

          Bounding dengan Anak

          Membacakan Nyaring hanya butuh waktu maksimal lima belas menit. Dan selama itu secara tidak langsung ada bounding yang terjadi antara orang tua dan anak. Saat Orang tua mulai berdekatan dengan anak dan membacakan buku, akan ada rasa aman dalam diri anak . Sehingga Bounding bisa terjalin dengan baik. Kenapa bisa terjalin denganb baik? Karena hanya ada orang tua, anak dan buku. Tanpa ada gangguan orang lain dan juga yang paling utama TANPA GADGET.


Baca juga : Manfaat Membacakan Nyaring untuk Anak

          Orang Tua belajar menjadi Guru Pertama Anak.

          Membacakan buku kepada anak, secara tidak langsung kita juga mengejarkan sesuatu kepada anak. Bila membacakan kepada ananda yang masih bayi, maka orang tua mengajarkan kata – kata baru. Bila membacakan buku untuk Batita , maka orang tua mengenalkan huruf huruf secara tidak langsung. Dan yang paling utama adalah mengajartkan anak tentang konsepo buku. Meskipun memang orang tua adalah madrasah pertama bagi anak. Tapi terkadang ada orang tua yang lupa mengenalkan tentang buku. Dengan Membacakan Nyaring, maka orang tua menjadi orang pertama yang mengenalkan buku kepada anaknya.

          Belajar Berkomunikasi dengan Anak.

          Ini hal yang menurut saya lumayan penting. Karena orang tua dipaksa untuk belajar membacakan sesuai dengan usia anak. Dan tentu mempengaruhi dalam komunikasi. Membacakan Nyaring terhadap bayi, Batita dan Balita tentu berbeda. Belajar tentang naik turunnya nada dalam membacakan Nyaring.  Meskipun kadang mungkin yang baru pertama kali melakukannya pasti merasa lebay ya. Tapi percaya dech terkadang menjadi lebay akan di kangenin sama anak kita saat Membacakan Nyaring.

          Orang Tua Belajar Meluangkan Waktu

          Pernah merasa bersama anak tapi tidak fokus karena sambil dengan pekerjaan lainnya          ataupun mungkin bahkan sambil nonton drtakor #eh. Membacakan Nyaring membuat kita sebagai orang tua benar – benar belajar untuk sabar dalam menemani anak dan belajar menghargai waktu. 15 menit bisa menjadi waktu yang sangat singkat untuk membacakan buku untuk anak tapi bisa juga menjadi waktu yang lama bila belum terbiasa.

          Semoga sharing sedikit ini bisa menjadi reminder bagi saya dan informasi yang baik untuk ayah ibu yang membaca. Postingan ini tidak ada maksud menggurui. Hanya ingin sedikit sharing betapa membacakan buku kepada Anak ini sangat amat banyak manfaatnya. Agar tidak ada lagi anak yang trauma akan buku atau malas belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar