Senin, 22 Maret 2021

Manfaat Membacakan Nyaring bagi Anak

 



 

          Salah satu hal yang sering di tanyakan saat kampanye Membacakan Nyaring adalah Manfaat Membacakan Nyaring bagi Anak. Karena banyak orang tua yang beranggapan bahwa bayi belum saatnya kenal buku. Kasian bayi kalau harus belajar. Duh, bunda dan ayah, Membacakan Nyaring untuk bayi tentu beda persiapannya dengan membacakan nyaring untuk anak lima tahun. Tapi manfaatnya akan jauh – jauh lebih besar dan lebih cepat saat di kenalkan saat bayi. Kenapa? Karena saat saat bayi sel otak masih sangat berlimpah atau bisa kita sebut Golden Age. Itulah kenapa penting untuk menstimulus panca indera dan bentuk rangsangannya yang lain. Jadi kira – kira apa ya Manfaat membacakan Nyaring bagi Anak.

 

Manfaat Membacakan Nyaring bagi Anak

           

Manfaat Membacakan Nyaring


          Membangun Perkembangan Otak lebih Optimal

          Seperti yang sudah di sebutkan diatas bahwa usia golden age yaitu 0 – 24 bulan adalah masa – masa dimana sel otak masih berlimpah dan belum tersambung satu sama lain. Sehingga butuh rangsangan yang mana salah satunya adalah dengan membacakan Nyaring.


 

          Memperkenalkan dan Melatih kemampuan mendengar.

          Membacakan Nyaring dapat merangsang panca indera salah satunya adalah telinga. Bayi di latih untuk mendengarkan dan melatih untuk konsentrasi juga.

 


 

          Melatih Rentang Perhatian

          Salah satu alasan kenapa memilih buku untuk bayi harus narasinya sedikit, karena rentang perhatian bayi hanya sebentar. Sehingga  bila narasi terlalu banyak justru bayi akan mulai bosan.


 


          Memperkenalkan kata – kata yang jarang di ucapkan sehari – hari.

          Tidak bisa di pungkiri kadang kala dalam narasi buku memang ada kata – kata yang tidak biasa di ucapkan. Sehingga dengan sering membacakan buku kepada anak, anak pun akan menambah kosakata dalam alam bawah sadar. Dan ada masanya ketika kolam kata sudah penuh amaka akan tumpah dan menjadi sebuah gumaman terlebih dahulu pada anak. 

 


          Mengenalkan Konsep Buku

          Nah salah satu perbedaan anatara dongeng dan membacakan nyaring adalah adanya buku. Membacakan Nyaring wajib ada buku untuk dibacakan , karena selain untuk menambah kosa kata, Hakikatnya yang utama adalah mengenalkan tentang buku kepada anak. Jangan sampai anak mulai mengenal buku setelah akan masuk Sekolah Dasar. Tentu bila baru dikenalkan saat akan masuk Sekolah Dasar pasti akan membuat anak menjadi susah untuk belajar baca.

Baca juga : Review Buku Membacakan Nyaring

          Masih banyak sekali Manfaat Membacakan Nyaring untuk anak. Apalagi untuk bayi yang masih dalam masa Golden Age, tentu akan menjadi sesuatu yang luar biasa bila sudah terbiasa di bacakan buku sedari bayi. Kadang kita mengeluh kenapa anak ku ga bisa stop dari gadget? kenapa kok anakku kecanduan TV? Tanpa disadari justru kita orang tua yang sedari kecil tidak mau repot, sehingga cukuplah diberikan gadget dan TV agar anak anteng.

          Jadi parents, yuk kita sama – sama mulai introspeksi diri dan menanamkan kesadaran tentang Literasi Dini. Tidak ada yang tidak manfaat saat kita mengenalkan buku kepada anak. Jangan beranggapan bayi baru lahir hanya bisa tidur tidak perlu dibacakan buku. Justru saat bayi , alam bawah sadarnya akan bekerja dengan baik dan sel – sel dalam otaknya akan lebih cepat mencerna.

          Mudah – mudahan informasi ini bisa bermanfaat buat ayah – ibu semua. Semoga semakin banyak keluarga yang melek akan Literasi Anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar