Minggu, 22 November 2020

Review Buku Membacakan Nyaring

Membacakan Nyaring
Buku Membacakan Nyaring


            Kali ini saya mau sharing salah satu buku yang menjadi rujukan tentang Literasi Bayi. iya bayi pun bisa banget dikenalkan literasi sejak dini. Dan buku Membacakan Nyaring karya bu Roosie Setiawan ini Membahas tentang bagaimana caranya Mengasah Keterampilan Literasi Bayi 0 – 24 bulan. Jadi buat ayah ibu yang masih ragu tentang membacakan buku kepada anak – anak dari kecil, mungkin perlu baca review buku ini dan sapa tahu jadi tergerak untuk membeli.

Review Buku Membacakan Nyaring

 

                Judul Buku       : Membacakan Nyaring (Mengasah keterampilan Literasi bayi 0 – 24 Bulan)

            Pengarang       : Roosie Setiawan

            Penerbit          :Noura

            ISBN                 : 978-602-385-275-8

 

            Dulu sebelum baca buku Membacakan Nyaring, saya mengenalkan literasi ke Umar ya sekedar membacakan buku saja sejak dalam kandungan. Dan saat Umar lahir ya sudah di bacakan seperti biasa. itu pun agak telat karena saya baru memulai membacakan buku slagi setelah Umar usia Enam Bulan. Dan tentu saja karena waktu itu mulai merangkak, kadang banyak ga maunya. Rupa – rupanya saya salah cara dan strategi.

            Buku Membacakan Nyaring ini bukan sekedar mengasah literasi bayi, tapi juga memberikan banyak informasi tentang perkembangan bayi. Bahwa kegiatan bayi sendiri sebenarnya bisa melakukan tiga hal yaitu bercakap – cakap, bernyanyi dan membaca. Untuk keluarga muslim tentu saja bisa di tambahkan dengan Murottal.

            Jadi sebenarnya Membacakan Nyaring itu apa sech?

 

            Dikutip dari buku Membacakan Nyaring , Membacakan Nyaring sendiri memiliki arti kegiatan sederhana . Kita tinggal mengambil buku dan membacakannya dengan bersuara dan dilakukan secara rutin, setiap hari dan mendapatkan manfaatnya. Anak mau membaca, bisa membaca dan akhirnya gemar membaca.

            Selain membahas tentang manfaat dari Membacakan Nyaring, buku ini juga membahas tentang enam perkembangan bayi yang menjadi judul Bab di jelaskan juga rentang usianya. Enam tahap perkembangan literasi dini ini yaitu Tahap mendengar,mengamati, bergumam, berceloteh, membuat kata, dan mengucapkan kalimat.

            Setiap tahapan ini akan di jelaskan pula apa yang harus disiapkan orang tua dan juga cara dan tantangannya. Karena rentang usia yang berbeda, tentu saja penanganannya juga berbeda. Sehingga orang tua sudah siap untuk melakukan membacakan Nyaring. Plus di informasikan juga contoh buku yang sesuai dengan usia anak. dan masing – masing tahap berbeda di sesuaikan dengan usia dan rentang fokusnya.

            Banyak orang tua yang gagal mengenalkan literasi anak sedari dini, karena salah dalam memberikan buku. Misalnya anak usia delapan bulan di kasih buku yang materialnya kertas. Pasti lah habis di sobek – sobek.Coba lah untuk menyesuaikan dalam membeli bahan literasi anak dengan usianya. dan di Buku Membacakan Nyaring ini di bahas tuntas. Jadi, kalau misal beli buku anak yang narasinya sedikit kaya Nabiku Idolaku Balita jangan marah dulu ya buk, karena memang di sesuaikan untuk bayi di bawah satu tahun.




            Buku Membacakan Nyaring ini sebenarnya seperti intisari dari buku The Read – Aloud Handbook, cuman buku ini lebih ringkes dan salah satu kelebihannya adalah full color. Jadi buat ayah ibu yang kurang suka membaca, bisa betah untuk baca. Dan menurut saya buku Membacakan Nyaring ini salah satu buku yang bisa di baca sekali duduk sambil menikmati teh atau kopi. Karena bahasanya sangat mudah untuk dipahami.

            Jadi buat ayah ibu atau mungkin calon ayah ibu , buku ini sangat rekomen banget supaya kita bisa mengenalkan literasi sedini mungkin dengan benar. Dan semoga makin banyak anak – anak yang menyukai buku sejak kecil, sehingga meningkatkan literasi anak Indonesia.

            Semoga postingan ini bermanfaat ya. Oiya, Review Membacakan Nyaring ini juga sudah saya buatkan video youtube dan podcast. Sekarang boleh dong sharing pengalaman ayah ibu mengenalkan buku kepada anaknya? Dan buku apa yang di sukai anak – anak? boleh komen di bawah ya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar