Kamis, 08 Oktober 2020

Tiga Jenis Olah Raga untuk Ibu Hamil

 



Tiga Jenis Olah Raga untuk ibu hamil ini, bisa menjadi alternatif para ibu hamil untuk mulai menggerakkan badan. Karena sebenarnya ibu hamil boleh lho ber olah raga, meskipun mungkin olah raganya juga terbatas. Tentu saat memilih olah raga juga harus melihat kondisi dari ibu hamil ya. Jika memang lemah dan harus bedrest makan tidak ada salahnya sejenak di atas kasur sampai kandungan mulai kuat. 


Tapi buat ibu hamil yang kondisi kandungannya sehat, jangan mager ya. Karena ada banyak manfaat olah raga untuk ibu hamil. Dan olah raga ibu hamil juga bisa dilakukan dengan mudah dan murah meriah. 


Jalan Kaki

Salah satu olah raga yang mungkin cukup mudah dan murah adalah jalan kaki di pagi hari. Kenapa pagi hari? Tentu karena oksigen masih sangat fresh. Apalagi bila berjalan kaki ditemani suami tercinta tentu menambah bounding bagi pasangan. Untuk. Durasinya tentu bisa di sesuailan dengan kondisi badan. Bagi mereka yang sudah terbiasa mungkin durasinya bisa lebih lama. Tapi inget ya bun, jangan terlalu memaksakan diri. Bila memang kaki mulai bengkak, maka olah raga ini bisa dilakukan seminggu tiga kali. 


Olah raga ini juga bisa dilakukan dengan sang kakak juga lho bun. Sehingga menimbulkan kedekatan lagi antara ibu,kakak dan calon adek. Tapi tentu harus di lihat kondisinya ya. 



Senam Hamil

Salah satu olah raga ibu hamil yang bisa membantu badan lebih nyaman adalah senam hamil. Saya sendiri dulu mengikuti senam hamil yang di laksanakan oleh puskesmas. Biasanya senam hamil ini bisa dilakukan bila usia kandungan sudah lebih dari 20 minggu. 


Ada beberapa gerakan yang bisa di praktekan di rumah. Terutama untuk meringankan pegal di pinggang saat usia kandungan makin besar. Makin banyak bidan atau klinik ibu dan anak yang membuka kelas senam hamil. Tentu senam hamil yang di awasi oleh nakes. Sehingga ibu hamil bisa nyaman dan juga tenang. 



Yoga Ibu Hamil


Yoga ibu hamil menjadi salah satu olah raga yang lumayan populer beberapa tahun terakhir. Olah raga ini bukan hanya sekedar untuk badan tapi juga membantu pernafasan ibu. Sehingga ibu hamil akan merasa rileks dan menyatu dengan badannya. Karena tidak bisa di pungkiri banyak ibu hamil yang mungkin gugup akan kehamilan pertamanya. Dan juga deg - degan menjelang melahirkan. 


Banyak banget yang merasakan manfaat dari yoga ibu hamil ini. Latihan pernafasan ini membantu saat gelombang cinta datang dan membuat rasa sakit bisa di minimalisir. Bahkan ada juga yang melahirkan normal tanpa harus ada jahitan karena sangat ibu yang tenang dan rileks. 


Ada juga beberapa tempat yoga ibu hamil yang mengikutsertakan suaminya untuk kegiatan yoga ibu hamil. Supaya ada bounding antara pasangan dan juga bayi dalam kandungan. Karena sesungguhnya ibu hamil itu butuh support dari sang ayah. 


Itu tadi tiga jenis olah raga untuk ibu hamil. Semoga bisa membantu teman - teman yang sekarang sedang hamil dan ingin ber olah raga. Karena sebenarnya ibu hamil dengan kondisi sehat justru harus banyak bergerak agar mendapatkan oksigen yang lebih baik. 


Buat teman - teman sendiri Adakah yang punya pengalaman olah raga di atas saat hamil? Sharing yuk di kolom komentar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar