Rabu, 12 Agustus 2020

Tips Memilih Buku untuk Balita

 


Banyak banget orang tua yang kapok memberikan buku kepada balitanya atau bayi karena buku habis di sobek - sobek. Hayoo adalah yang mengalami hal yang sama?Apalagi ada juga yang malah marahin balitanya ya ☹️. Padahal bukan salah balitanya lho, mungkin ayah ibu yang salah memberikan kriteria buku untuk Balita. Nah kali ini mau bahas tentang Tips Memilih Buku untuk Balita


Material Buku

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih buku untuk Balita atau bayi adalah material buku. Pilih material buku yang aman untuk bayi. Kalo kertas ya pasti lah ya bakalan di sobek dengan suksesnya. 


Untuk bayi bisa menggunakan buku bantal yang ramah bayi. Atau buat bayi yang alergi dengan material buku bantal, bisa juga menggunakan material buku board book seperti Nabiku Idolaku Balita. 

Buku Balita


Board book ini lumayan aman juga untuk bayi karena susah di sobek dan juga kalo pun basah kena emut bayi bisa langsung di lap. 


Baca juga : Tips Agar Anak Suka Buku


Tidak Terlalu Besar


Agar Balita atau bayi bisa menggengam dengan nyaman. Ukuran yang sesuai juga bisa menjadikan buku barang favorit Balita karena mudah di bawa kemana saja. 



Ilustrasi Lebih Banyak di Bandingkan Narasi


Salah kaprah orang tua kadang lebih suka membelikan anak yang lebih banyak narasinya. Padahal ada alasan kenapa buku - buku untuk bayi atau Balita sangat sedikit narasinya dan cenderung berirama. Hal ini dikarenakan agar saat narasi tersebut di bacakan oleh orang tua akan masuk ke dalam alam bawah sadar dan terekam dalam bak kata anak. 


Buku balita


Narasi yang sedikit juga bisa membuat orang tua belajar untuk lebih kreatif dalam menceritakan isi buku. 


Kita bisa sekalian mengenalkan gambar yang ada dalam buku. 


Bahasa yang Sederhana


Tips Memilih Buku untuk Balita selanjutnya yaitu memilih buku dengan bahasa yang sederhana. Hal ini dilakukan karena balita masih dalam tahap mentransfer data yang dia dengar dan lihat ke dalam otak anak. 


Buku Balita


Sama halnya ketika kita berbicara dengan bayi atau Balita, maka kita di harapkan untuk menggunakan bahasa yang sederhana agar lebih mudah di pahami. 


Buku berwarna warni


Buku yang berwarna warni juga bisa menjadi salah satu cara orang tua untuk mengenalkan  warna kepada Balita. 


Biasanya untuk Buku Balita warna akan di sesuaikan dengan bendanya. Sehingga orang tua pun bisa lebih mudah mengenalkan benda - benda di sekitarnya. 


Mudah - mudahan Tips Memilih Buku untuk Balita ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk para orang tua yang sedang mencari buku untuk balitanya. Karena mengenalkan buku kepada anak secara dini akan jauh lebih mudah. Dibandingkan mulai mengenalkannya saat mulai mengenal gadget. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar