Rabu, 08 Juli 2020

Tips Nyaman Saat Morning Sickness





            Salah satu hal yang paling sering di keluhkan oleh ibu hamil adalah betapa sangat tidak nyamannya merasakan Morningsickness. Ada yang merasakan morming sickness hanya saat Triwulan pertama. Tapi ada juga yang merasakan Morningsickness sampai melahirkan. Ada yang hanya di saat pagi, tapi ada juga yang sepanjang hari. Buat istri yang stay di rumah aja mengganggu, apalagi buat wanita pekerja. Tentu menjadi kurang nyaman dalam menyelesaikan pekerjaan. Nah, untuk itu saya jadi pengin beberapa Tips Nyaman saat MorningSickness.


Tips Nyaman Saat Morning Sickness


            Makan Sedikit Tapi Sering.
            Dulu sewaktu hamil Umar, saya termasuk yang sering sekali mengalami morningsick saat pagi hari dan setelah makan. Agak menggangu memang dan membuat saya tidak suka makan. Tapi jika perut kosong dan harus mual atau muntah, ternyata justru sangat tidak nyaman. Karena tidak ada makanan yang keluar, akhirnya justru malah cairan lambung yang akhirnya naik. Dan sangat tidak nyaman di tenggorokan. Akhirnya saya memutuskan untuk sering makan tapi dalam jumlah sedikit. Sehingga saat akan muntah, lebih nyaman karena akan ada yang dikeluarkan dari perut.
            Permen Jahe
            Salah satu hal yang bisa membuat nyaman saat morningsickness adalah mengulum permen jahe. Hal ini karena rasa jahe akan membuat mulut menjadi lebih baik. Dan rasa hangat dan pedesnya mengurangi rasa mual. Tapi tentu jangan lupa untuk menggosok gigi ya.  Karena khawatir gula dari permen jahe itu menempel gigi.
            Minum Air Hangat dengan Lemon
            Salah satu tips Nyaman saat Morning sickness lainnya yaitu minum air hangat dengan lemon. Tips ini di sarankan oleh salah seorang teman yang kebetulan menggunakan tips ini untuk mengurangi rasa mual dan sedikit membuat nyaman perut yang mual. Biasanya minuman air hangat lemon ini di minum di pagi hari. Tapi buat yang teman – teman yang memiliki sakit maag, mungkin bisa berkonsultasi dulu dengan dokter kandungannya. Jangan sampai niat hati mengurangi rasa mual, malah jadi muncul penyakit lama yaitu maag.
            Hindari Pemicu Mual
            Banyak hal yang bisa memicu seorang ibu hamil mual. Ada yang bau nasi putih, ada yang bau wewangian sabun dll, ada juga pemicunya justru bau keringet suami hehehe. hayo ngaku siapa yang kayak gini. Kalau sudah tahu pemicunya , maka akan lebih baik untuk di hindari. Kalau memang sebabnya keringat suami, mungkin bisa di akali dengan meminta suami untuk sering mandi dan mencuci baju sendiri demi kenyamanan istri.

            Bicarakan dengan Keluarga
            Ada baiknya untuk membicarakan dengan anggota keluarga di rumah bila memang mualnya sangat menggangu dan membuat ibu hamil sulit sekali untuk beraktifitas seperti biasanya. Di harapkan bila anggota keluarga di rumah sudah mengerti, maka akan memberikan waktu istirahat yang cukup. Karena istirahat yang cukup, bisa mengurangi sedikit perasaan tidak nyaman saat mual.

            Konsultasikan dengan Dokter
            Bila memang mual yang dialami membuat ibu hamil dehidrasi, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk di berikan obat anti mual ataupun vitamin lainnya. Karena jangan sampai nanti mual yang berlebihan akan menggangu kesehatan ibu dan calon bayi dalam kandungan.
            Tidak mudah memang bila Morning Sickness datang, dan memang setiap kehamilan rasanya berbeda – beda. Tapi mudah – mudahan jangan sampai menyerah ya sist. Karena ada seseorang di dalam rahim kita yang menunggu asupan makanan dari ibunya. Mudah – mudahan Tips Nyaman saat Morning Sickness ini bisa membantu teman – teman yang saat ini berjuang mengatasi Morning Sickness. Semangat ya mom’s…
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar