Sabtu, 25 Juli 2020

Tips Agar Anak Suka Buku




            Buku biasanya menjadi salah satu item terakhir yang diberikan kepada anak. Biasanya mulai bayi di dekatkan dengan mainan edukatif dan saat bertambah usia malah makin dekat dengan Gadget. Dan akhirnya anak mulai kenal buku saat masuk bangku sekolah (betul gak nech hehehe). Jadi jangan heran ya kalau misal anak jadi agak susah belajar untuk membaca, karena hanya untuk agar bisa membaca bukan karena INGIN bisa membaca. Nah, buat orang tua yang mungkin galau karena ingin anaknya suka dengan buku, mungkin Tips Agar Anak Suka Buku ini bisa membantu.

            Tapi sebelumnya tips ini akan sia – sia bila tidak ada kesiapan orang tua dalam hal fasilitas dan juga waktu. Jadi pastikan untuk bisa menyediakan keduanya ya.

            Yuk Kita Mulai….



            Pilih Buku Sesuai dengan Usia Anak.

            Tahu ga kenapa anak kita menolak buku yang kita kasih? Mungkin salah satunya karena kita salah kasih buku ke anak, atau malah buku pertamanya langsung text book banget. Usia bayi, Balita dan anak SD tentu beda – beda ya. Batita di kasih buku yang gampang sobek pasti ya bakalan habis di sobek – sobek. Gak usah marah dan jadi kapok ya pak buk. Karena ya bukan salah anaknya. Makanya sesuaikan dengan usia anak saat kita akan memberikan buku. Misalnya, untuk anak Bayi sampai usia delapan bulan bisa diberi Busy Book atau buku bantal. Bisa juga diberi buku Nabiku Idolaku Balita yang ukuran bukunya mungil dan juga board book. Di atas dua tahun bisa pake Halo Balita untuk belajar adab dan tentang agama. Semua contoh yang saya sebutkan ini material bukunya Board Book ya.

Halo Balita

            Kalau sudah masuk sekolah dasar ya kasih buku yang masih banyak gambarnya. Jangan langsung kasih yang full tulisan ya. Bisa kapok lah nanti. Kalau sudah terbiasa dengan buku, pelan – pelan akan mulai naik bacaannya.

            Pilih Buku Sesuai dengan Kesukaan Anak.

            Coba pas cari buku untuk anak, cari tema yang memang di sukai anak – anak. Misalnya anak suka tentang hewan – hewan maka cari buku tentang hewan. Bisa buku cerita tentang hewan kayak Wow amazing series atau mungkin ya ada juga buku tentang Ensiklopedia Hewan di Ensiklopedia BocahMuslim.  Supaya bisa menjadi daya tarik anak juga. 

Ensiklopedia Hewan

            Kalau anak sukanya komik gimana? Ya ga papa juga. Kan komik juga termasuk bacaan. Tapi alangkah baiknya cari komik yang isinya ada faedahnya kayak Confidence In Science. Itu buku sains yang tampilannya mirip komik. Jadi bisa sekalian belajar sains sederhana. Nah. dari sekian banyak pilihan masa ga ada yang disukai anak – anak kita?

            Pilih Buku Yang Menarik Perhatian

            Kalau anak sudah mengenal Gadget memang jadi serba salah dan susah lagi buat pedekate dengan buku. Itulah kenapa Gadget seharusnya menjadi benda terakhir yang di kenalkan kepada anak. Kalaupun di kenalkan, peran orang tua harus terus memantau. Tapi jangan galau pak buk, kita bisa mencari buku yang sekiranya menarik perhatian. Kalau Balita mungkin dengan penggunaan Halo Balita plus Epen (cek disini).  Bisa juga dengan Confidence in science yang bisa bersuara pake epen. 

            Luangkan Waktu membaca bersama Anak.

            Tips Agar Anak Suka Buku yang paling penting sebenarnya adalah bagaimana orang tua meluangkan waktu untuk membacakan buku atau menemani anak dengan bukunya. Cukup 15 menit aja sehari. Jadikan momen membaca buku menyenangkan bagi anak. Kalopun misal anak BATITA  lari – lari pas di bacain buku ya tetep aja di bacain sambil lari – lari dalam rumah. Asalkan ga di samba gadget dan TV ya. Kalau masih menyusui malah enak, daripada emaknya scrool lambe torah mending sekalian bacain buku sama anaknya. Boundingnya dapet dan lebih gampang.


            Yuk ayah ibuk, jadikan rumah kita tempat yang asyik untuk membaca buku. Gak perlu buku yang mahal. Buku yang terjangkau tapi konsisten terus menambah ya ga papa. Kalaupun ada rejeki gak ada salahnya buat membeli yang agak mahal. Karena tentu konten dan isinya yang berbeda. Jangan jadikan anak – anak kita generasi yang menjauh dengan buku. Gadget oke tapi itu bila anak sudah bisa diberi tanggung jawab.
            Semoga Tips agar Anak Suka Buku ini bisa memberikan manfaat dan membantu ayah ibuk yang sedang berusaha untuk memfasilitasi anak di rumah dengan buku. Semoga anak – anak kita menajdi generasi emas untuk Bangsa Indonesia.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar